berita today

BERITA TODAY berita paling update mulai yang paling hot hingga seputar olahraga dan kesehatan

pencarian

Breaking

Senin, 19 Februari 2018

Jokowi Diminta Moratorium Kirim TKI ke Malaysia



Berita Today- Jakarta, Duta Besar RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana, menilai peristiwa penyiksaan hingga tewas terhadap TKI Adelina Lisao sebagai tragedi kemanusiaan. Menurutnya, pengi­riman TKI ke Malaysia harus dimoratorium.
"Peristiwa Adelina ini adalah tragedi kemanusiaan yang sangat menyayat hati. Sudah waktunya kita melakukan moratorium pengiriman TKI ke Malaysia, khususnya pekerja sektor rumah tangga," kata Rusdi lewat keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (17/2).
Dia mengatakan akan menyampaikan usulan ini kepada Presiden Joko Widodo. Menurutnya, langkah moratorium yang diambil dapat dimanfaatkan untuk membuat kese­pakatan yang lebih melindungi TKI.
"Saya akan sampaikan langsung usulan moratorium ini kepada Presiden. Moratorium diperlukan untuk berikan kesempatan kepada kedua negara memperbaiki tata kelola pengi­riman dan menegosiasikan ulang perjan­jian yang lebih melindungi TKI," tuturnya.
Badan Nasional Penempatan dan Perlin­dungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mendapatkan laporan Adelina dianiaya ibu majikannya di Malaysia. Selain itu, di tubuhnya ditemukan pula luka yang diduga berasal dari gigitan binatang serta luka akibat air keras.
Hari ini, jenazah Adelina tiba di kampung halamnnya di Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. Berdasarkan informasi dari Kementerian Luar Negeri, Sabtu (17/2), jenazah Adelina tiba di Desa Abi, Timor Tengah Selatan sekitar pukul 17.30 WIT atau 15.30 WIB.
"Kemlu RI secara resmi telah serahkan jenazah kepada keluarga disaksikan oleh pejabat Pemda Timor Tengah Selatan, wakil media dan LSM," ujar Kemlu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Judul